Friday, 25 May 2012

Cara / Proses Pembuatan Telur Asin dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Di dalam Telur Asin terkandung banyak sekali protein. ada sebanyak 17 % pada kuning telur dan 11% dalam putih telur. telur juga mengandung asam amino esensial yang diperlukan untuk kesehatan tubuh.
jumlah dan komposisi asam amino pada telur sangat lengkap dan berimbang, sehingga dapat digunakan untuk pertumbuhan dan pergantian sel yang rusak. begitu juga dengan kandungan lemak, hampir semua lemak dalam telur terdapat pada kuningnya. lemak pada telur ini trigliserida, fosfolipida, dan kolesterol. fungsinya untuk sumber energi. lemak dalam telur tergabung dengan air sehingga mudah di cerna oleh anak-anak, bayi dan lanjut usia.
bagian kuning telur mengandung hampir semua vitamin kecuali vitamin C. telur juga mengandung sumber mineral serta vitamin D alami kedua terbesar setelah minyak hati ikan hiu. namun ada beberapa vitamin yang turun setelah di asinkan.
Telur juga memiliki beberapa keunggulan seperti mengandung semua zat gizi yang diperlukan oleh tubuh dan dapat dioleh menjadi berbagai macam makanan.
di dalam telur asin biasanya kandungan kalsiumnya bertambah karena dalam pembuatan telur asin menggunakn abu dan kapur. ketika garam masuk kedalam telur asin kalsium pun ikut masuk menembus putih dan kuning telur secara perlahan.
kolesterol diperlukan dalam metabolisme tubuh. kegunaannya pun banyak seperti membentuk garam empedu untuk pencernaan lemak yang berasal dari makanan sebagai komponen dalam otak, serat syaraf, hati, ginjal dan kelenjar andrenalin.
yang perlu diwaspadai adalah kadar garam yang cukup tinggi dalam telur asin karena konsumsi garam yang berlebihan dapat berdampak buruk bagi tekanan darah dan menimbulkan hipertensi.

dan berikut adalah cara / proses pembuatan telur asin :
1. Alat dan bahah : panci 2 buah
2. bahan : telur bebek, abu gosok, bubuk batu bata merah, garam dapur beriodium dan air
3. Proses Pembuatan :
- bersihkan telur dengan cara di cuci dan di lap dengan air hangat kemudian di keringkan.
- selanjutnya tuangkan abu gosok dan bubuk batu bata yang telah di haluskan ke dalam panci kemudian beri garam beriodium.
- tambahkan sedikit air ke dalam adonan kemudian aduk adonan sampai berbentuk pasta.
- bungkus telur dengan adonan satu persatu secara merata pada sekeliling permukaan telur
- simpan telur dalam baskom atau ember plastik selama 15 - 20 hari dan simpan di tempat yang bersih dan terbuka
- jika sudah 15-20 hari, telur sudah siap untuk direbus dan di santap.

demikian sedeikit referensi dari Sarana Belajar dan Berkreasi tentang Cara /Proses Pembuatan Telur Asin dan Manfaatnya bagi Kesehatan semoga bermanfaat tentunya.

Ditulis Oleh : mas agus // 07:39
Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Google+ Badge

free counters

JOIN BLOG INI

KLIK TOMBOL SUKA