Wednesday, 23 May 2012

Benarkah Futsal Menyebabkan Gagal Jantung

Dari berbagai kasus yang menimpa banyak selebritis dan orang ternama di indonesia yang meninggal setelah berolah raga futsal timbul suatu pertanyaan, benarkah futsal menyebabkan gagal jantung? dari pertanyaan besar tersebut Sarana belajar dan berkreasi akan mencoba mengungkap dan menjawab pertanyaan tersebut.

Mungkin sebagai contoh, almarhum pelawak Basuki juga dikabarkan meninggal setelah berolahraga futsal. Aji Massaid dan masih banyak lagi juga di kabarkan meninggal setelah berolah raga yang serupa.

Olahraga yang bersifat permainan akan memberikan beban yang dinamik terhadap jantung. Ternyata hal ini berbahaya - terutama bagi mereka yang tidak terlatih. Pada kasus ekstrim, beban jantung yang dialami akibat metabolisme yang meningkat dengan cepat, dapat menyebabkan denyut jantung melebihi maximum heart rate (MHR), yang menyebabkan gagal jantung. Olahraga yang benar untuk jantung adalah olahraga yang memberikan intensitas peningkatan denyut jantung secara bertahap.

Para ahli telah memberikan rekomendasi untuk olahraga yang menyehatkan jantung. Jenis olahraga ini -disebut aerobik- memberikan peningkatan denyut jantung secara bertahap hingga di kisaran optimum, yaitu sekitar 70-80 persen MHR. Cara menghitung MHR secara sederhana adalah :

MHR = 220 - usia

Jadi kalau usia Anda adalah 40 tahun, maka MHR adalah 180. Dengan demikian kisaran denyut jantung yang optimum adalah antara 130 - 144 per menit. Angka ini pun sebaiknya dicapai dengan bertahap. Karena setiap orang mempunyai MHR berbeda, maka rumus di atas hanyalah pendekatan, yang lebih tepat mestinya dengan tes EKG dari dokter.

Olahraga untuk sehat jantung adalah olahraga jenis aerobik. Umumnya dokter merekomendasikan jalan kaki, berlari, renang, bersepeda, dan senam aerobik. Namun perlu ditekankan bahwa olahraga tersebut tidak boleh dilakukan dalam bentuk kompetisi, karena bila bentuknya kompetisi maka peningkatan denyut jantung menjadi mendadak dan fluktuatif. Olahraga untuk melatih jantung juga harus terencana, tidak boleh berlebihan. Umumnya kegiatan aerobik dilakukan dengan rentang 30 menit, dan masa pemulihan bagi pemula adalah dua hari (48 jam).

Demikian sedikit yang bisa saya tuliskan tentang Benarkah Futsal Menyebabkan Gagal Jantung. semoga bisa menambah pengetahuan anda. terima kasih

Ditulis Oleh : mas agus // 13:52
Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Google+ Badge

free counters

JOIN BLOG INI

KLIK TOMBOL SUKA