Monday, 24 November 2014

KISI-KISI SOAL UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2014-2015

Ujian Nasional merupakan salah satu aspek yang menentukan kelulusan siswa/ peserta didik. bahkan, sebagian besar siswa menganggap UN (Ujian Nasional) adalah momok terganas dalam dunia pendidikan. selama 3 (tiga) tahun belajar di bangku sekolah baik SMP maupun SMA seakan hanya ditentukan oleh beberapa mata pelajaran yang di anggap sangat penting oleh pemerintah untuk menentukan kelulusan peserta didik.

Pada awal tahun 2000-an banyak sekali kritikan ketika konsep ujian nasional ini pertama kali muncul di dunia pendidikan Indonesia karena dianggap proses belajar mengajar selama tiga tahun hanya ditentukan oleh ujian selama beberapa hari. namun, seiring perkembangan dan pembaruan teknis dari ujian nasional itu sendiri lambat laun masyarakat mulai menerima konsep tersebut. di era sekarang, kelulusan tidak hanya ditentukan murni dari ujian nasional tapi proses belajar mengajar selama tiga tahun juga ikut diperhitungkan dengan cara ikut memasukkan nilai raport dalam perhitungan nilai kelulusan. dengan konsep tersebut anggapan bahwa belajar tiga tahun di tentukan tiga hari mulai berkurang.

Bagi pendidik dan peserta didik sebaiknya tidak perlu takut atau under estimate terhadap ujian nasional karena jauh sebelum ujian nasional dilaksanakan pemerintah telah mengeluarkan Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional supaya para pendidik dan peserta didik bisa bersama-sama mempelajari batasan-batasan materi yang akan diujikan saat ujian nasional berlangsung.

Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2014-2015 akan dilaksanakan untuk tingkat dasar (SMP/ SMPLB/ dan MTs) dan menengah (SMA/ SMALB/ SMK dan MA / MAK). semuanya akan dilaksanakan serentak sesuai jenjang masing-masing.

Kisi-kisi Soal Ujian Nasional tahun TP. 2014-2015 dari BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) nomor 0027/P/BSNP/IX/2014 yang meliputi jenjang SMP sederajat dan SMA Sederajat bisa di download di link download di bawah ini supaya para pendidik dan peserta didik mampu menguasai materi yang akan di ujikan ketika ujian nasional 2014-2015 berlangsung.

Semoga bermanfaat bagi dunia pendidikan di Indonesia dan bisa ikut memajukan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Ditulis Oleh : mas agus // 19:28
Kategori:

2 comments:

 

Google+ Badge

free counters

JOIN BLOG INI

KLIK TOMBOL SUKA