Tuesday, 18 November 2014

Tutorial edit template html blogspot tampilan baru

blogger kini memperbarui tampilan edit template html. bagi para blogger yang suka mengutak atik tampilan blog pasti sedikit banyak perlu beradaptasi dengan ini, atau mungkin masih ada yang bingung bagaimana cara mengedit template html blogspot dengan tampilan yang baru ini.
Sebenarnya perubahan ini justru malah mempermudah anda dalam mengedit template html blogspot anda. untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini.


Keterangannya seperti ini :
    A adalah tombol untuk kembali ke menu TEMPLATE
    B adalah tombol untuk SIMPAN perubahan pada TEMPLATE
    C adalah fitur baru yang akan banyak membantu, yaitu LOMPAT ke kode WIDGET
    D dan E adalah tombol TOGGLE MODE untuk melihat versi HTML dan melihat versi tampilan browser
    F adalah tombol untuk menghilangkan perubahan yang sudah anda lakukan dalam satu pengeditan
    H adalah tombol untuk mengembalikan perubahan yang sebelumnya sudah anda lakukan tapi hilang karena pemformatan
    H adalah tombol untuk mengembalikan widget ke setingan default

Yang perlu diperhatikan sobat blogger dalam mengedit template blogspot terbaru ini adalah tombol lompat ke Widget dan panah-panah kecil berwarna hitam pada baris kode.

TOMBOL LOMPAT KE WIDGET
Tombol ini akan sangat membantu anda untuk menuju kode dari suatu widget di template anda. Anda cukup mengklik tombol tersebut dan akan terbuka dropdown untuk melompat ke kode HTML widget yang anda inginkan.

Yang menjadi masalah adalah saat anda sampai di kode HTML widget tersebut anda akan melihat tampilan kode yang dipadatkan dalam lipatan yang ditandai dengan tanda panah hitam
lihat gambar di bawah ini

Apakah anda bisa melihat panah hitam kecil di atas?

Tombol Panah Hitam Kecil
Tombol  ini adalah fitur baru yang akan membuka setiap kode menjadi lebih detail lagi. Kalau ternyata setelah anda klik masih ada tombol panah hitam lagi di dalamnya, maka klik lagi tombol panah hitam itu sampai semua kode widget yang anda inginkan terbuka penuh.

Jika sudah terbuka penuh sekarang anda sudah bisa mengedit kode pada widget tersebut.

PENGGANTI EXPAND WIDGET TEMPLATE DI EDIT HTML TEMPLATE BLOGSPOT TAMPILAN BARU
Yang menjadi persoalan adalah anda akan mengalami kerepotan yang cukup mengganggu jika harus mengedit sebuah kode yang sangat panjang dan mempunyai begitu banyak panah kecil hitam. Saat itulah anda pasti berharap tombol expand widget template masih ada di sini.

Sebenarnya anda bisa membuka semua kode dengan cara yang sederhana.
    Klik kursor di dalam barisan kode mana saja
    Tekan CTRL+A untuk menyorot semua kode
    Tekan CTRL+C untuk mengcopy semua kode
    Tekan tombol DEL pada keyboard untuk menghapus semua kode, dan
    Terakhir tekan CTRL+V untuk mempaste semua kode

Kode yang dipaste ini akan terbuka penuh dan tidak ada panah hitam kecilnya, jadi hasilnya kurang lebih sama dengan tombol checkbox EXPAND WIDGET TEMPLATE yang ada pada EDIT HTML template blogspot tampilan lama.
Anda tetap bisa memakai tombol LOMPAT KE WIDGET saat semua kode sudah dijabarkan, jadi ini akan membantu anda untuk mengedit TEMPLATE.

UPDATE:
Rupanya banyak teman blogger yang kesulitan mencari kode tertentu di dalam baris kode yang panjang. Sebenarnya caranya sangat mudah.

CARA MENCARI KODE DI EDIT TEMPLATE HTML BLOGSPOT TAMPILAN BARU
Anda sudah tidak bisa lagi mencari kode dengan menggunakan CTRL+F pada browser, jadi klik dulu di antara barisan kode dan klik CTRL+F, nanti akan muncul kotak pencarian di sudut kanan atas jendela kode HTML.

Di situlah anda memasukkan nama kode yang akan anda cari, dan tekan enter sesudahnya. Jika anda belum menemukan kode yang diinginkan, maka tekan terus enter sampai ketemu. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

itulah sedikit yang bisa kami sharekan, semoga dapat membantu sobat blogger yang selalu berinovasi dengan blog-blog anda. selalu bersama Sarana belajar dan Berkreasi. salam blogger....

Ditulis Oleh : mas agus // 22:00
Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Google+ Badge

free counters

JOIN BLOG INI

KLIK TOMBOL SUKA