Tuesday, 18 November 2014

MAKANAN SEDERHANA YANG BERMANFAAT

Hidup sehat merupakan keinginan setiap orang. Dan makanan merupakan salah satu faktor penting dalam gaya hidup sehat. Diet sehat tidak hanya terdiri dari sayuran hijau seperti bayam dan ikan sumber omega-3 seperti salmon. Masih ada banyak makanan lain yang sangat baik bagi kesehatan namun mungkin seringkali Anda abaikan. Untuk membantu Anda memenuhi tujuan hidup sehat, berikut 3 makanan sederhana yang bermanfaat , sehat kaya nutrisi dan mudah didapat yang bisa ditambahkan ke dalam daftar diet Anda.

1. Tempe
Tempe merupakan jenis makanan yang mudah diperoleh dengan harga yang sangat terjangkau. Makanan ini terbuat dari kedelai yang difermentasikan menjadi makanan berbentuk solid menyerupai kue. Bagi Anda vegetarian atau yang ingin mengurangi konsumsi daging, tempe merupakan pilihan yang tepat sebagai pengganti. Tempe tentu mempunyai rasa yang sangat berbeda dengan daging, tapi mengandung jumlah protein yang setara dengan lebih sedikit kandungan lemak, kolesterol dan kalori.
Selain kaya dengan kedelai, tempe juga merupakan makanan yang banyak mengandung asam lemak omega-3. Pastinya Anda sudah tahu kalau jenis lemak sehat ini sangat bagus bagi kesehatan. Lemak ini dinyatakan bisa memperbaiki kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, serta meredakan gejala-gejala penyakit autoimun termasuk radang sendi dan lupus, serta memperbaiki kondisi kesehatan mental seperti depresi.
Tempe juga dilengkapi dengan serat yang bisa membantu mencegah penyakit yang berkaitan dengan usus. Dalam beberapa studi, seperti dikutip situs askmen dinyatakan, tempe dan makanan lain yang mengandung protein kedelai terbukti bisa mengurangi risiko kanker prostat karena kadungan isoflavone genistein-nya yang tinggi.

2. Rumput laut

Rumput laut kaya akan vitamin B, magnesium, seng, folat, dan kalisum. Rumput laut merupakan sumber mineral yang lebih baik dibandingkan sayuran lainnya. Rumput laut mengandung semua mineral yang terdapat dalam darah manusia karena mineral dalam air laut sama dengan mineral yang terdapat dalam darah manusia, dengan konsentrasi yang hampir sama pula.
Rumput laut merupakan makanan yang rendah kalori, bebas lemak dan mengandung anti-peradangan dan zat pereda stres. Di samping itu, rumput laut juga bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Beberapa jenis rumput laut tertentu, seperti kelp, juga kaya yodium yang sangat penting dalam mengatur tiroid, kelenjar yang berfungsi mengontrol sebagian besar fungsi psikologis tubuh.

3. Kol

Kol, menurut pakar nutrisi, merupakan makanan anti-kanker karena mengandung banyak organosulfur. Ilmuwan di bidang makanan dan kesehatan meyakini kalau kandungan ini berfungsi sebagai bahan bakar dalam mendetoksifikasi zat-zat karsinogen (penyebab kanker) di dalam tubuh, dan mencegah beberapa jenis kanker.
Selain kandungan anti-kanker, kol juga ditemukan bisa menurunkan risiko mengalami katarak, jenis gangguan penglihatan yang paling umum terjadi pada mereka yang berusia 55 atau lebih. Manfaat ini berasal dari kandungan karotenoid (lutein dan zeaxanthin), yang terbukti bisa mencegah penyakit yang melemahkan mata.
Kol juga kaya akan berbagai nutrisi seperti vitamin A, C, E, dan B serta mangan, tembaga, kalsium, dan besi. Di samping itu, karena relatif mengandung sedikit kalori dan bebas lemak, kol merupakan makanan yang paling tepat untuk ditambahkan ke dalam daftar diet Anda.


sumber : jawaban.com
update by : http://afa-belajar.blogspot.com

Ditulis Oleh : mas agus // 22:51
Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 

Google+ Badge

free counters

JOIN BLOG INI

KLIK TOMBOL SUKA