Sabtu, 19 Mei 2012

Cara Menyusun RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)


1.       Pengertian RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran )
RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar . RPP paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yang meliputi 1 (satu) atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih. ada beberapa tips cara menyusun RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) di sini di jelaskan langkahhal yang perlu diperhatikan dan dalam penyusunan RPP.2.       Langkah-langkah  dalam penyusunan RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ) 
  • Mengisi kolom identitas
  • Menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan
  • Menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan ( terdapat pada silabus yang telah disusun)
  • Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan SK, KD, dan Indikator yang telah ditentukan. (Lebih rinci dari KD dan Indikator, pada saat-saat tertentu rumusan indikator sama dengan tujuan pembelajaran, karena indikator sudah sangat rinci sehingga tidak dapat dijabarkan lagi.)
  • Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/ pembelajaran yang terdapat dalam silabus. Materi ajar merupakan uraian dari materi pokok/pembelajaran
  • Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan
  • Merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan awal, inti, dan akhir.
  • Menentukan alat/bahan/ sumber belajar yang digunakan
  • Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal, teknik penskoran, dll



    3. Hal Yang perlu diperhatikan dalam penyusunan RPP
    • RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
    • Tujuan pembelajaran  menggambarkan proses dan hasil  belajar yang  harus dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
    • Tujuan pembelajaran dapat mencakupi sejumlah indikator, atau satu tujuan pembelajaran untuk beberapa indikator, yang penting tujuan pembelajaran harus mengacu pada pencapaian indikator.
    • Kegiatan pembelajaran (langkah-langkah pembelajaran)  dibuat setiap pertemuan, bila dalam satu RPP terdapat 3 kali pertemuan, maka dalam RPP tersebut terdapat 3 langkah pembelajaran
    • Bila terdapat lebih dari satu pertemuan untuk indikator yang sama, tidak perlu dibuatkan langkah kegiatan yang lengkap untuk setiap pertemuannya.

    Ditulis Oleh : mas agus // 14.17
    Kategori:

    0 komentar:

    Poskan Komentar

     

    Google+ Badge

    free counters

    JOIN BLOG INI

    KLIK TOMBOL SUKA