Sebuah Wawancara kerja merupakan saat yang paling penting dalam mencari pekerjaan. Satu kesalahan fatal saja bisa membuat Orang batal mendapatkan pekerjaan impian. Menanggapi masalah itu Sarana Belajar dan Berkreasi memberikan sedikit Tips tentang Hal Yang harus dihindari ketika Wawancara Kerja.
1. Panik dan memberikan jawaban terbata-bata
Inilah alasan Orang harus melakukan persiapan yang matang sebelum wawancara kerja. Jika perlu lakukan simulasi dengan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan keluar dalam wawancara, sehingga Anda tidak grogi. Satu hal lagi kiat untuk menghindari kepanikan dan jawaban terbata-bata adalah kejujuran. Jika yang Anda ungkapkan adalah sebuah kejujuran, pasti akan mudah mengutarakannya. Jangan sampai Anda dianggap tidak menguasai topik karena kegugupan / Kepanikan Anda.
2. Hindari topik sensitif
Sering kali pihak pewawancara melakukan obrolan santai untuk membuat suasana tak terlalu kaku. Untuk hal ini, lebih baik hindari topik-topik yang sensitif seperti politik, dan SARA. Bisa jadi pihak yang Anda sudutkan dalam topik obrolan tersebut memiliki hubungan dekat dengan si pewawancara sehingga berpengaruh terhadap penilaiannya. Lebih baik pilih topik yang ringan juga netral.
3. Hindari bergosip
Hobi bergosip bisa menjadi alasan Orang ditolak dari pekerjaan impian. Jadi jangan pernah mengajak orang yang mewawancara Anda untuk bergosip.
4. Sok tahu
Jika di saat wawancara saja Anda sudah dinilai sok tahu dan tidak mau mendengarkan orang lain, jangan berharap Anda bisa diterima kerja. Perusahaan umumnya menginginkan orang-orang yang bisa bekerja dalam sebuah tim. Bukan orang sok pintar yang individualis. Jadi jangan pernah bersikap sok tahu.
Demikian sedikit masukan dari Sarana Belajar dan Berkreasi semoga dapat dijadikan pembelajaran bagi anda yang sedang mencari pekerjaan.
No comments:
Post a Comment